1. Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang factor-faktor yang mempengaruhi layanan telematika dapat dengan mudah diakses!
- Koneksi internet tersebar luas
- Internet murah
- Media social
2. Bagaimana
peranan telematika di berbagai bidang? Berikan contoh layanan telematika pada
bidang pendidikan!
Dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, layanan telematika sudah digunakan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, perekonomian, bidang pemerintahan, dan lain sebagainya. Sebagai contoh layanan telematika dalam bidang pendidikan adalah dengan adanya e-learning, e-ducation dan e-library.
Dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, layanan telematika sudah digunakan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, perekonomian, bidang pemerintahan, dan lain sebagainya. Sebagai contoh layanan telematika dalam bidang pendidikan adalah dengan adanya e-learning, e-ducation dan e-library.
3. Hal-hal
apa saja yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif dari
telematika, jelaskan!
- Tidak menelan mentah-mentah informasi yang didapat dari internet sebagai sumber utama. Menyaring atau memilah-milah tiap informasi dengan baik.
- Sangat dianjurkan agar orang tua mengawasi anak di bawah umur 17 tahun untuk tidak mengakses situs pornografi maupun situs perjudian.
- Selektif dan bertindak lebih bijak dalam membuka sebuah website.
- Tidak menaruh semua informasi yang bersifat pribadi ke dalam situs jejaring sosial, contohnya tempat tanggal lahir dan domisili.
- Mengganti password secara berkala agar dapat terhindar dari pencurian data.
4. Apa fungsi dari Telematika? Jelaskan!
- Penyampai informasi. Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
- Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar